Lubis, Didra Solini Andara Sari (2024) Analisis pengaruh penerapan strategi segmentation, targeting, positioning terhadap peningkatan jumlah nasabah tabungan pada Bank Sumut Syariah Rantauprapat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940100072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan Lembaga keuangan yang semakin pesat dan produk serta jasa yang bersaing dalam satu pasar semakin beragam, oleh karena itu Perusahaan harus memiliki strategi tersendiri dalam menghadapi persaingan. Dan masih terjadi berbagai kendala atau hambatan di Bank Sumut Syariah dalam memasarkan produk tabungan sehingga mengakibatkan jumlah nasabah mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi segmentation, targeting, positioning dalam meningkatkan jumlah nasabahnya pada Bank Sumut Syariah Rantauprapat. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu ekonomi sehubungan dengan itu teori yang mengatakan bahwa segmentation dan targeting tidak berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah Tabungan, sedangkan positioning berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah Tabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah sampel 30 karyawan Bank Sumut Syariah Rantauprapat. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentation tidak berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah tabungan, dan targeting tidak berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah tabungan sedangkan positioning berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah tabungan. Implikasi pada hasil penelitian ini adalah strategi segmentation membantu bank atau lembaga keuangan untuk memahami dengan lebih baik prefensi dan kebutuhan nasabah potensial mereka, strategi targeting bank dapat focus pada segmen pasar yang paling menguntungkan dan memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi dan ini dapat membantu Bank Sumut Syariah mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien dan efektif, sedangkan strategi positioning bank dapat menarik perhatian nasabah potensial dan membangun citra yang kuat dalam benak nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Rizal Ma’ruf Amidy Siregar, M.M |
Keywords: | Segmentation, Targeting; Positioning dan Peningkatan Jumlah Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:40 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 08:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11244 |
Actions (login required)
View Item |