Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran orang tua dalam mengatasi dampak negatif penggunaan gadget terhadap anak pada bidang akademik di Desa Sibuhuan Julu Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Nasution, Nur Mas Intan (2024) Peran orang tua dalam mengatasi dampak negatif penggunaan gadget terhadap anak pada bidang akademik di Desa Sibuhuan Julu Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Orang tua adalah pendidik pertama bagi anak-anak, orang tua memiliki kewajiban untuk memperhatikan anak dan teman pergaulannya karena seiring dengan berkembangnya teknologi tidak hanya membawa dampak positif namun juga membawa dampak negatif bagi pengguna terutama pada anak. perkembangan gadget sebagai alat elektronik kemudian menjadi sebuah kebutuhan, contohnya pada ponsel dengan sekadar menjadi alat komunikasi, kini berkembang untuk kebutuhan dan gaya hidup. Pengguna gadget sekarang telah menyusuri kalangan anak usia dini seharusnya tidak disarankan bagi anak-anak menggunakan handphone karena dapat mengganggu proses tumbuh kembangnya secara alami. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh negatif dari anak-anak yang lalai dan tidak menggunakan gadget dengan baik. Adapun Pengaruh negatif dari penggunaan gadget yaitu: pertumbuhan otak tidak stabil, dapat menampilkan video atau film yang tidak baik atau kurang sopan, menyebabkan gangguan tidur, malas untuk belajar, dan anakakan lebih suka menyendiri.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1)Apa peran yang dilakukan oleh orangtua dalam mengatasi penggunaan gadget terhadap anak?(2)Apakah dampak negatif penggunaan gadget pada bidang akademik anak? (3)Bagaimanakah perilaku anak-anak akibat dari keseringan bermain gadget setiap harinya?.Tujuan masalah dari penelitian ini adalah:Untuk mengetahui bagaimana peran orangtua dalam mengatasi penggunaan gadget terhadap anaknya di Desa Sibuhuan Julu, untuk mengetahui apa dampak negatif penggunaan gadget pada anak di Desa Sibuhuan JuluKecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas.Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek Penelitian. Sumber Data terdiri dari: Sumber data primer, dan Sumber data sekunder. Tehnik Pengumpulan Data terdiri dari: Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data. Teknik Penjamin Kebahasaan: Triangulasi, Keikutsertaan Peneliti.Hasil penelitian ini dapat dibuat kesimpulan bahwa peran orangtua belum berjalan dengan baik, dan pengetahuan anak anak remaja dalam belajar masih sangat kurang baik karna malas belajar dan malas untuk sekolah, dilihat dari perilakunya terhadap orang-orang juga sangat tidak baik seperti: melawan orang tua, merokok dan berjudi. Dari perilaku anak-anak remaja tersebut tidak layak dijadikan sebagai contoh karna perilakunya itu sudah sangat buruk sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Rosimah Lubis, M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Peran; Gadget; Anak-anak (remaja)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:21
Last Modified: 25 Jul 2024 02:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10673

Actions (login required)

View Item View Item