Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di PAUD/TK Anakki Do Hamoraon Desa Bandar Tarutung Kabupaten Tapanuli Selatan

Indriani, Leni (2024) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di PAUD/TK Anakki Do Hamoraon Desa Bandar Tarutung Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan pola asuh orangtua yang berbeda-bedadan perkembangan sosialemosional anak usia dini, dimana orangtua merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di di PAUD/TK Anakkido Hamoraon Bandar Tarutung. Metode penelitian ini mengunakan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian Ex-Post Facto. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh orang tua di di PAUD/TK AnakkidoHamoraon Bandar Tarutung yang memiliki anak usia 4-5 Tahun. Alat pengumpul data yang utama menggunakan angket. Angket pola asuh diberikan pada orang tua, sedangkan angket perkembangan sosial emosional diberikan anak. Instrumen angket sebelum digunakan, dilakukan pengujian untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Kemudian analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dengan sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputu uji normalitas dan uji liniaritasMenggunakanalat bantu dengan program SPSS 23 For Window. Hasil uji t dapat dilihat bahwa thitung sebesar 1,466 dengan signifikansi 0,012. Serta diperoleh untuk ttabel sebesar = 0,68156 yang artinya thitung>ttabel dengan nilai signifikansi 0,012 < 0,05Ini artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun pada PAUD/TK Anakki Do Hamoraon Bandar Tarutung. Kemudian determinasi (R Square) yakni sebesar 0,433 atau (43,3%). Hal ini menunjukan bahwa pengaruh variabel pola asuh terhadap variabel perkembangan emosional anak sebesar 0,433 atau (43,3%). Sisa sebesar 0,567 atau (56,7%) di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Pola asuh; Sosial emosional; Anak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:24
Last Modified: 24 Jul 2024 08:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10671

Actions (login required)

View Item View Item