Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa menjadi nasabah di Bank Muamalat Indonesia Padangsidimpuan (studi kasus mahasiswa FEBI UIN Syahada Padangsidimpuan)

Siregar, Saripa Hannum (2023) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa menjadi nasabah di Bank Muamalat Indonesia Padangsidimpuan (studi kasus mahasiswa FEBI UIN Syahada Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100179.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat mahasiswa FEBI menjadi nasabah di Bank Muamalat Indonesia sehingga mahasiswa lebih memilih Bank Syariah Indonesia, padahal Bank Muamalat Indonesia yang pertama murni syariah di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengetahuan, promosi dan fasilitas berpengaruh dalam mendorong minat mahasiswa FEBI UIN Syahada Padangsidimpuan menjadi nasabah di Bank Muamalat Indonesia Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori minat menjadi nasabah. Sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pengetahuan, promosi, fasilitas dan minat menjadi nasabah. Menurut Miko Andi Wardana dan Pande Putu Juniarti, pengetahuan adalah salah satu factor yang paling penting yang mempengaruhin kemampuan individu untuk memproses informasi, tentang produk dan layanan. Menurut Husein Umar, promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk manarik calon nasabah yang baru. Menurut skripsi Ayu Wandari, fasilitas merupakan sebagai sarana dan prasarana yang disertakan perusahaan untuk diberikan kepada nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa FEBI UIN Syahada Padangsidimpuan berjumlah 356 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 78 responden. Teknik pengumpulan sampel yaitu secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji f dengan menggunakan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, promosi, dan fasilitas berpengaruh dalam mendorong minat mahasiswa menjadi nasabah di Bank Muamalat Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan nila thitung > ttabel, maka Ha diterima Ho di tolak, yang menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan, promosi, dan fasilitas berpengaruh dalam mendorong minat menjadi nasabah di Bank Muamalat Indonesia Padangsidimpuan dan dibuktikan juga dengan nilai fhitung > ftabel, maka secara simultan pengetahuan, promosi, fasilitas berpengaruh dalam mendorong minat menjadi nasabah di Bank Muamalat Indonesia Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Pengetahuan; Promosi; Fasilitas; Minat
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Apr 2024 07:46
Last Modified: 05 Apr 2024 07:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10416

Actions (login required)

View Item View Item