Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah dalam pemberdayaan perempuan

Hasibuan, Latifah Hannum (2023) Peran PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah dalam pemberdayaan perempuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100363.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Masalah utama yang dihadapi pengusaha kecil di daerah Panyabungan Mandailing Natal yaitu keterbatasan sumber pembiayaan terutama dari lembaga keungan formal seperti perbankan, pegadaian maupun leasing menyebabkan usaha kecil cenderung bergantung dari pembiayaan informal seperti koperasi simpan-pinjam dengan prinsip konvensional yang memberikan bunga tinggi sebagai akibat dari mudahnya mendapatkan pinjaman. Namun demikian, usaha yang di alami masyarakat Panyabungan Mandailing Natal sama sekali tidak ada perkembangannya karena nasabah yang telah meminjam modal pada lembaga informal tidak bisa mengelola modal yang diberikat guna untu mengembangkan usaha mereka. Dengan adanya PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah Panyabungan Mandailing Natal dapat membantu ibu-ibu produktif dalam menjalankan dari berbagai jenis usaha dari mereka. Dari hal itu dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana peran PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah dalam Pemberdayaan wanita di Panyabungan Mandailing Natal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengertian peran, aspek-aspek peran, pengertian pemberdayaan, tujuan pemberdayaan, tahap pemberdayaan, konsep pemberdayaan perempuan, indikator pemberdayaan dan pemberdayaan perempuan menurut ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Data-data ini diperoleh dari informasi peneliti dengan menggunakan cara observasi langsung serta wawancara dengan jenis wawancara terbuka kepada subjek penelitian. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian adapun peran PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar syariah dalam memberdayakan wanita di Panyabugan Mandailing Natal ialah sangat besar, karena PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah dapat membantu ekonomi keluarga dan mampu mensejahterakan keluarganya dengan cara memberikan modal kepada ibu-ibu produktif yang mebutuhkan modal demi berkembangnya usaha mereka. Hal ini sesuai dengan tujuan dari PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah peran PT. Permodalan Naasional Madani Mekaar Syariah dalam mengembangkan usah kecil di Panyabungan Mandailing Natal dengan memberikan pinjman modal usaha bagi para perempuan prasejahtera untuk digunakan secara efektif baik untuk memulai dan mengembangkan usaha sesuai dengan apa yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Peran; Pemberdayaan wanita; PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012711 al-Wadi’ah (Penitipan Barang atau Modal)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:35
Last Modified: 01 Apr 2024 07:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10384

Actions (login required)

View Item View Item