Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Optimalisasi struktur modal melalui trade off theory (studi pada bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022)

Irawan, Dedi (2023) Optimalisasi struktur modal melalui trade off theory (studi pada bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Lambatnya kemampuan Bank Umum Syariah dalam mencapai target optimal pada struktur modal dapat menyebabkan terjadinya fluktuasi cenderung mengalami penurunan sehingga terjadinya penggabungan beberapa bank syariah menjadi satu bank. Hal ini dapat diakibatkan oleh rendahnya struktur Bank Umum Syriah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana trade off theory dapat mengoptimalkan struktur modal Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan Bagaimana ukiran ketetapan trade off theory dalam mengoptimalkan struktur modal Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil struktur modal optimal melalui trade off theory dan mengetahui ukuran struktur modal optimal pada bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan proporsi hutang dan ekuitas yang digunakan serta biaya yang ditanggung oleh bank atas hutang dan ekuitas yang dimiliki Bank Umum Syariah. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori yang berkaitan dengan struktur modal yaitu trade off theory. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan data sekunder. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak lima (5) Bank selama 6 tahun. Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan dokumentasi dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio keuangan, analisis komposisi struktur modal, analisis biaya rata-rata tertimbang (WACC) dan pembahasan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa tinjauan terhadap rasio keuangan Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022, yaitu Debt to Equity Ratio, Debt to Aset Ratio, The Debt in Total Capitalization dan Time Interest Earned masih berada di batas aman karena proporsi hutang atas aset masih di bawah (1) artinya Bank Umum Syariah sebagian besar aset masih dibiayai dengan ekuitas, dengan demikian bank masih dapat melakukan penambahan modal dari pihak eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trade off theory dapat mengoptimalkan struktur modal pada Bank Umum Syariah namun dengan batas tertentu sesuai dengan porsi masing-masing perusahaan atau bank. Terkait struktur modal optimal hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa ukuran ketetapan trade off teory dalam mengoptimalkan struktur modal yaitu ketika perusahaan atau bank umum syariah memiliki hutang yang besar namun memiliki peningkatan keuntungan dari satu periode ke periode selanjutnya. Serta memiliki kemampuan yang baik dalam menutupi resiko atau beban yang ditanggung oleh perusahaan atau Bank Umum Syariah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Indah Petmatasari Siregar, M.Si
Keywords: Optimalisasi struktur modal; Analisis rasio; WACC
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:10
Last Modified: 19 Mar 2024 07:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item View Item