Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor yang menyebabkan masyarakat muslim memilih pinjaman di PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar (studi kasus pada Kelurahan Sirandorung Kota Rantauprapat)

Manurung, Sukma Anjani (2023) Faktor yang menyebabkan masyarakat muslim memilih pinjaman di PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar (studi kasus pada Kelurahan Sirandorung Kota Rantauprapat). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Sebagian besar Masyarakat Muslim di Lingkungan Al-Huda Kelurahan Sirandorung Kota Rantauprapat melakukan pinjaman di PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar. Mereka yang melakukan pinjaman sudah sangat tahu bahwa dalam pinjaman di PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar menggunakan bunga pinjaman yang dimana itu adalah riba. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan masyarakat muslim Kelurahan Sirandorung Kota Rantauprapat terhadap bunga pada pinjaman dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan masyarakat muslim memilih pinjaman di PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang bersifat langsung dan dilakukan dilapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan gambaran kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mayoritas masyarakat muslim sudah sangat paham mengenai bunga pinjaman dan riba, Namun masyarakat mengesampingkan sisi halal dan haram riba. Riba tidak dianggap sebagai penghalang oleh masyarakat muslim untuk tidak menjadi nasabah di PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar, mereka menganggap bahwa selagi mereka mampu membayar tagihan bunganya maka boleh saja. Dan faktor yang menyebabkan masyarakat muslim melakukan pinjaman di PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar adalah Faktor Pribadi, Faktor Kelas Sosial dan Faktor Keyakinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Arti Damisa, M.E.I
Keywords: Pinjaman; Masyarakat muslim; Riba
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012717 al-‘Ariyah (Pinjam-meminjam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:42
Last Modified: 05 Mar 2024 01:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10276

Actions (login required)

View Item View Item