Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan keputusan pedagang terminal Kota Sibolga menggunakan jasa bank syariah

Nasution, Alfi Sakinah (2023) Determinan keputusan pedagang terminal Kota Sibolga menggunakan jasa bank syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100193.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Perbankan Syariah merupakan institusi yang memberikan layanan jasa perbankan berdasarkan prinsip Syariah yang di mana sistem operasionalnya terhindar dari riba. Walaupun demikian belum menjamin pedagang menggunakan Bank Syariah seperti yang terlihat pada Pedagang Pasar terminal kota Sibolga yang menggunakan bank konvensional maupun jasa rentenir. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap keputusan pedagang di Pasar Terminal Kota Sibolga menggunakan jasa Bank Syariah, ntuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap keputusan pedagang di Pasar Terminal Kota Sibolga menggunakan jasa Bank Syariah, untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pedagang di Pasar Terminal Kota Sibolga menggunakan jasa Bank Syariah, untuk mengetahui pengaruh faktor pelayanan terhadap keputusan pedagang di Pasar Terminal Kota Sibolga menggunakan jasa Bank Syariah, serta untuk mengetahui apakah pengetahuan, religiusitas, pribadi dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pedagang di Pasar Terminal Kota Sibolga menggunakan jasa Bank Syariah. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori-teori yang berkaitan dengan pembahasan perbankan Syariah, pengambilan keputusan dimana ada tujuh yang mempengaruhi pengambilan keputusan yaitu, tingkat pengetahuan, literasi keuangan, tidak mengandung riba, produk, lokasi, pelayanan, dan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner/angket, observasi, dan dokumentasi dengan jumlah sampel 86 responden dan meggunakan sampel jenuh. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji hipotesis dan uji analisis regresi linier berganda dengan SPSS. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel religiusitas tidak mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan Syariah, sedangkan variabel pengetahuan, pribadi dan pelayanan mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan Syariah. Secara simultan variabel pengetahuan, religiusitas, pribadi dan pelayanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlillah Nasution, M.Pd dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E
Keywords: Keputusan; Pelayanan; Pengetahuan; Pribadi; Religiusitas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Feb 2024 08:37
Last Modified: 28 Feb 2024 08:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10239

Actions (login required)

View Item View Item