Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Soft skills guru berbasis keteladanan Nabi Muhammad saw dalam perkembangan pembelajaran pendidikan agama Islam

Rambe, Fibririn Corina (2020) Soft skills guru berbasis keteladanan Nabi Muhammad saw dalam perkembangan pembelajaran pendidikan agama Islam. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1623100151.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Soft skills sesungguhnya merupakan perilaku personal dan interpersonal yang mengembangkan dan memaksimalkan kinerja manusia seperti membangun tim, pembuatan keputusan, inisiatif, serta komunikasi. Dan Nabi Muhammad SAW adalah sosok guru rabbani berkarakter, yang menanam benih cinta sebelum mulai mengajar, yang menganggap siswanya sebagai saudara atau anaknya sebelum beliau menjadi gurunya. Penulis menggambarkan soft skills guru berbasis keteladanan Nabi Muhammad SAW, baik Inter-personal skills dan Intra-personal skills sebagai pengajar yang patut di contoh oleh guru, untuk menjadi karakter yang sama minimal mendekati karakter tersebut. Sehingga diperoleh soft skills guru berbasis keteladanan Nabi Muhammad SAW sebagai berikut: Inter-personal skills Nabi Muhammad terdiri dari: Motivation Skills yaitu beliau mendorong kegiatan belajar dan mengajar, Leadership skills yaitu sebagai panutan/ imam, Negotiation skills dengan gemar bermusyawarah dan lapang menerima kritik, Presentation skills dengan menunjukkan keteladanan, Communication skills yaitu berbicara dengan jelas. Relationship Building dengan menghargai hak setiap orang tanpa pandang bulu, mengindahkan perbedaan individual para murid, berbelas kasih lagi penyayang, lemah lembut kepada murid serta memilih cara yang paling cocok bagi pribadi murid, Public speaking skills menjadi pendengar yang baik dan rendah hati kepada orang yang bertanya, Self-Marketing Skills dengan cara berpenampilan yang indah dan bersih. Kemudian Intra-personal skills Nabi Muhammad terdiri dari: Time management dengan mengajar secara bertahap, Stress Management dengan marah yang proporsional, Change management yaitu mendidik dengan pengarahan (nasihat), Transforming Beliefs dengan mandat kerasulan beliau, Transforming characters yaitu membalas kejahatan dengan kebaikan, Creative thingking processes yaitu mengajar dengan menggunakan media pembelajaran, Goal setting and life pupose yaitu mengajar dengan tepat sasaran, Accelerated learning techniques dengan membuka potensi para sahabat. Dari hasil pembahasan di atas penulis menyimpulkan bahwa keteladanan Nabi Muhamamd SAW sangat berpengaruh dalam mengajarkan umat islam, menjadikan umat islam memiliki budaya yang baik, menyeimbangkan perilaku, dan menuntun menuju terbentuknya pribadi islami dan masyarakat islami. Karakter Rasulullah SAW merupakan suri teladan yang menampilkan Al-Qur’an dan mengejawantahkan isi Al-Qur’an ke dalam perbuatan, perilaku, pergaulan, serta pikiran dan perasaan. Nabi Muhammad SAW memiliki soft skills yang patut ditiru oleh guru dalam setiap perkembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Soft skills; Teacher; Model; Prophet Muhammad saw
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 24 Feb 2024 06:15
Last Modified: 24 Feb 2024 06:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10214

Actions (login required)

View Item View Item