Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh mesin ATM & mobile banking terhadap kepuasan nasabah BSI di UIN SYAHADA Padangsidimpuan

Nasution, Hafizh Arbi (2023) Pengaruh mesin ATM & mobile banking terhadap kepuasan nasabah BSI di UIN SYAHADA Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Minimnya Mesin ATM Bank Syariah Indonesia (BSI) terutama di wilayah Kawasan UIN Syahada Padangsidimpuan memiliki kekecewaan tersendiri bagi kalangan mahasiswa dan dosen sekitarnya, terutama mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang mahasiswanya banyak menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia, karena jarak yang ditempuh untuk dapat melakukan berbagai macam transaksi melalui Mesin ATM cukup jauh dari Kawasan UIN Syahada Padangdimpuan. Apakah terdapat pengaruh Mesin ATM BSI, Mobile Banking terhadap kepuasan nasabah di UIN Syahada Padangsidimpuan. Tujuan penelitian untuk mengatahui pengaruh Mesin ATM dan Mobile Banking terhadap kepuasan nasabah di UIN Syahada Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini menerapkan beberapa teori tentang Kepuasan Nasabah Oleh Kasmir, Mesin ATM Kasmir, Layanan Mobile Banking dalam rumusan masalah dan tujuan masalah pengaruh secara parsial dan secara simultan faktor variabel lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan sumber data Primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket dengan jumlah sampel 96 orang. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji koefisien diterminasi (R2), uji analisis regresi linear berganda, uji t (Parsial), Uji F (Simultan). Untuk mempermudah proses analisis data penelitian ini maka dibantu dengan program SPSS 25 Hasil penelitian secara parsial (uji t) variabel Mesin ATM berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Nasabah BSI dan variabel layanan mobile banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BSI. sedangkan secara simultan (uji F), Mesin ATM & mobile banking terhadap kepuasan nasabah BSI di UIN Syahada padangsidimpuan berpengaruh signifikan. Dengan tingkat pengaruhnya dapat dilihat dari uji hipotesis, dimana R square variabel sebesar 57,9% dipengaruhi oleh variabel ini dan 42,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak cantumkan di dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si. dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Kepuasan nasabah; Layanan ATM; Layanan mobile banking
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:41
Last Modified: 15 Feb 2024 02:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item