Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh religiusitas dan pemahaman terhadap minat mahasiswa Prodi Perbankan Syariah bekerja di bank syariah

Siregar, Mutia Indah (2023) Pengaruh religiusitas dan pemahaman terhadap minat mahasiswa Prodi Perbankan Syariah bekerja di bank syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100159.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pada Kenyataanya tidak semua mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan lulusan prodi perbankan syariah berminat bekerja di bank syariah. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhi minat untuk menjadi pegawai di bank syariah seperti faktor gaji, faktor lingkungan bekerja, faktor pengetahuan perbankan syariah, Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti terhadap mahasiswa prodi perbankan syariah angkatan 2019, yaitu dari 204 mahasiswa perbankan syariah dari berbagai kelas, 130 orang yang menyatakan tidak berminat bekerja di bank syariah dan 74 mahasiswa yan menyatakan berminat bekerja di bank syariah. Kurangnya pemahaman mahasiswa tentang perbankan syariah disebabkan karena dosen tidak mengarahkan mahasiswa nya ke jurusan perbankan syariah. Mengingat SDM di bank syariah banyak yang bukan lulusan perbankan syariah, hal ini menimbulkan pertanyaan tentang seberapa besar minat mahasiswa perbankan syariah dalam bekerja di dunia perbankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan pemahaman terhadap minat mahasiswa prodi perbankan syariah FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary bekerja di bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Jumlah sampel dalam penelitian ini 92 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dengan menggunakan aplikasi smartPLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh Terhadap Minat Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah bekerja di Bank Syariah Karena memiliki nilai P Values yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Pemahaman berpengaruh Terhadap Minat Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah bekerja di Bank Syariah. Karena memiliki nilai P Values yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 5% (0,023 > 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Religiusitas; Pemahaman; Minat
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:09
Last Modified: 11 Jan 2024 04:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10094

Actions (login required)

View Item View Item