Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan minat belajar siswa Kelas IV di SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kecamatan Na IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara

Simanjuntak, Zulaikha (2023) Penggunaan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan minat belajar siswa Kelas IV di SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kecamatan Na IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara yang masih kurang berminat dalam belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yaitu terlihat siswa mudah bosan dengan cara guru menyampaikan materi, perhatian siswa tidak fokus pada guru dan banyak juga siswa yang bermain-main pada saat pelajaran berlangsung. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran dengan menerapkan media Pop Up Book pada siswa kelas IV di SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara dan apakah penggunaan media pembelajaran Pop Up Book dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menerapkan media Pop Up Book pada siswa kelas IV di SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara dan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Pop Up Book untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 112322 Padang Nabidang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam proses penggunaan media pembelajaran Pop Up Book. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop Up Book dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Pada kondisi awal tingkat minat belajar siswa hanya 54%, setelah dilaksanakan pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran Pop Up Book pada Siklus 1 minat belajar siswa mencapai persentase 77,30% sedangkan pada Siklus II minat belajar siswa semakin meningkat dengan presentese 85%. Dengan penelitian ini juga memperlihatkan bahwa pada aspek perasaan senang siswa semakin meningkat yang dapat dilihat dari Siklus I dengan presentase 75% menjadi 90% pada Siklus II dalam penggunaan media pembelajaran Pop Up Book pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Media pembelajaran pop up book; Minat belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:05
Last Modified: 09 Jan 2024 04:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10084

Actions (login required)

View Item View Item