Saputri, Ade (2023) Penggunaan media blok pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan di Kelas III MIN 1 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep Matematika siswa kelas III MIN 1 Tapanuli Selatan. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya siswa yang belum mencapai indikator pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan, disebabkan karena guru belum menerapkan media dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar dan kurangnya interaksi yang aktif antara guru dan siswa karena cara belajar yang cenderung monoton. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan media blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan di kelas III MIN 1 Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkalaborasi dengan guru kelas III A MIN 1 Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Tapanuli Selatan tepatnya dikelas III A dengan jumlah siswa 20 orang. Adapun instrument pengumpulan data berupa soal tes essay yang mana dalam setiap pertemuan terdiri dari 5 butir soal. Penelitian ini dilakukan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil Penelitian menggunakan media blok pecahan pada materi pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III. Terlihat dari peningkatan hasil belajar pemahaman konsep siswa yang terus meningkat disetiap pertemuan. Pada pra siklus yang memahami konsep 3 orang siswa dengan persentase 15 % dan nilai rata-rata 45 dengan kategori kurang memahami konsep. Pada siklus I Pertemuan I siswa yang memahami konsep ada 5 siswa dengan persentase 25 % dan nilai rata-rata 50,75 dengan kategori kurang memahami konsep. Siklus I pertemuan II siswa yang memahami konsep ada 7 siswa dengan persentase 35 % dan nilai rata-rata 56,55 dengan kategori cukup memahami konsep. Pada siklus II Pertemuan I siswa yang memahami konsep ada 10 siswa dengan persentase 50 % dan nilai rata-rata 68,75 dengan kategori cukup memahami konsep. Siklus II pertemuan II siswa yang memahami konsep ada 17 siswa dengan persentase 85 % dan nilai rata-rata 82,75 dengan kategori baik sekali dalam memahami konsep.Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan media blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan di kelas III MIN 1 Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd |
Keywords: | Media blok pecahan; Pemahaman konsep; Pecahan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 06:02 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 06:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9977 |
Actions (login required)
View Item |