Nurfadilah, Leli (2023) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran PPKn di Kelas IV SD Negeri 050 Malintang Julu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1620500057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran PPKn materi keanaekaragaman suku bangsa dan budaya. Hal ini terjadi karena guru kurang memahami penggunaan media pembelajaran, dalam kegiatan pembelajaran masih tradisional atau turun temurun dengan menghandalkan metode konvesional seperti menjelaskan, mencatat, dan menghafal tanpa adanya alat bantu komunikasi sebagai pengembang materi pelajaran, sehingga peserta didik sulit untuk memahami materi pelajaran. Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan melalui penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran PPKn materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Multimedia Pembelajaran pada mata pelajaran PPKn materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Kelas IV. (2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan Multimedia Interaktif pada mata pelajaran PPKn materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Kelas IV SD Negeri 050 Malintang Julu Kecamaan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Yang terdiri dari emapat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian PTK dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan tes, dan lembar observasi dengan tehnik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran PPKn materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SD Negeri 050 Malintang Julu. Hasil belajar siswa sebelum diberikan tindakan mendapat nilai rata-rata 55,83% dengan persentase ketuntasan 22,22%. Setelah guru menggunakan multimedia interaktif hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan ke-1 hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 68,89% dengan persentase 44,44%, pada siklus I pertemuan ke-2 hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 76,38% dengan persentase 66.67%. Pada siklus II pertemuan ke-1 hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 80,87% dengan persentase 77,78%, dan pada siklus II pertemuan ke-2 hasil belajar siswa semakin meningkat dengan nilai rata-rata 83,89% dengan pesentase 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SD Negeri 050 Malintang Julu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Mata pelajaran PPKn; Penggunaan multimedia interaktif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 02:14 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 02:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9975 |
Actions (login required)
View Item |