Siregar, Nur Hotmaida (2023) Strategi pengembangan usaha ikan asin di Kelurahan Pasar Belakang Kota Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200320.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Produksi penjualan ikan asin di Kota Sibolga selama lima tahun terakhir mengalami penurunan secara terus-menerus. Hal ini disebabkan karena belum optimalnya pemanfaatan potensi dan sarana menjadi faktor utama yang menyebabkan rendahnya jumlah produksi perikanan di Kota Sibolga. Kota sibolga merupakan salah satu wilayah yang identik dengan ikan asin terutama di Kelurahan Pasar Belakang Kota Sibolga. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha ikan asin di Kelurahan Pasar Belakang Kota Sibolga. Strategi adalah rencana main suatu perusahaan, strategi mencerminkan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana, kapan dan dimana ia harus bersaing menghadapi lawan dan dengan maksud dan tujuan untuk apa. strategi merupakan pendekatan secara penuh yang berhubungan dengan pelaksanaan ide atau gagasan perencanaan dan pelaksanaan ide atau gagasan perencanaan dan pelaksanaan suatu kegiatan dalam kurun waktu tertentu. Pengembangan usaha adalah suatu tanggung jawab dari setiap pengusaha atau lembaga yang menghasilkan produk atau jasa yang di butuhkan masyarakat yang membuatuhkan motivasi dan kreativitas untuk membuat usahanya menjadi lebih besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi dan metode analisis data. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 6 sampel pengusaha ikan asin di Kelurahan Pasar Belakang Kota Sibolga. Teknik analisis data yang digunakan adalah editing data, reduksi data, deskripsi data, concluding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha menggunakan strategi diantaranya Strategi Integrasi Vertikal (Vertical Integration Strategy), Strategi Intensif (Intensive Strategy), Strategi Diversifikasi (Diversification Strategy), serta Strategi Bertahan ( Defensive Strategy). Dari segi Product, yang diperhatikan dalam strategi produk adalah service (pelayanan yang baik) dan kualitas produk. Segi Price, Penentapan harga dengan biaya dan penetapan harga dengan orientasi permintaan. Dari segi Place, Yaitu berhubungan dengan penyaluran produk. Penyaluran menggunakan distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Serta Promotion, promosi yang digunakan penjualan online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Windari, S.E., M.A dan Ihdi Aini, M.E |
Keywords: | Strategi pengembangan; Usaha ikan asin |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 02:23 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 02:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9952 |
Actions (login required)
View Item |