Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah santri di MTs. KH. Ahmad Dahlan Kecamatan Sipirok Tapanuli Selatan

Siagian, Irpan Haj (2023) Peran guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah santri di MTs. KH. Ahmad Dahlan Kecamatan Sipirok Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Adapun masalah dalam penelitian ini mengemukakan tentang peran guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah santri/yah MTs. KH. Ahmad Dahlan Kecamatan Sipirok Tapanuli Selatan. Masalah yang menjadi pembahasan adalah banyak peran dan upaya yang dilakukan dalam membina akhlak yang mulia diantaranya guru menjadi panutan sehingga harus memberikan contoh yang baik dan benar, dengan mengajak santri/yah untuk melakukan pembiasaan perilaku yang baik, seperti menghormati guru orang tua, sopan dan santun yang sesuai dengan pembelajaran dan tujuannya. Rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah peran guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah santri MTs. KH. Ahmad Dahlan? Apa faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru akidah akhlak dalam membina akhlak santri MTs. KH. Ahmad Dahlan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas peran Guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak santri MTs. KH. Ahmad Dahlan, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru akidah akhlak dalam membina akhlak santri MTs. KH. Ahmad Dahlan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif menggunakan teknik wawancara dan observasi dalam mengumpulkan data. Adapun subjek penelitian ini adalah guru akidah akhlak dan santri/yah di MTS KH. Ahmad Dahlan Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah santri MTs. KH. Ahmad Dahlan sudah baik. Pembinaan akhlak santri/yah dilakukan melalui dengan mengajar, mendidik memberikan bimbingan dan latihan dalam berperilaku yang baik, keteladanan memberikan nasihat, dan memberikan penilaian. Faktor pendukung guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul Karimah santri/yah yaitu kerja sama yang baik dengan guru-guru bidang studi lain, memberikan jadwal kegiatan-kegiatan keislaman dan memberikan tata tertib kepada santri/yah. Faktor penghambat guru akidah akhlak dalam membina akhlak santri adalah menghadapi santri yang memiliki kebiasaan yang tidak baik di lingkungan madrasah, pengaruh teman sebaya dan kesadaran diri untuk berperilaku yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I
Keywords: Peran guru akidah akhlak; Santri; Akhlakul karimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:25
Last Modified: 12 Dec 2023 02:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9909

Actions (login required)

View Item View Item