Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode eksperimen dalam upaya meningkatkan keterampilan proses sains pada materi perpindahan kalor untuk siswa kelas v di Sekolah Dasar Negeri 200118 Sadabuan Kota Padangsidimpuan

Suryana, Suryana (2023) Penerapan metode eksperimen dalam upaya meningkatkan keterampilan proses sains pada materi perpindahan kalor untuk siswa kelas v di Sekolah Dasar Negeri 200118 Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari masalah ini adalah siswa belum sepenuhnya terampil dalam keterampilan proses sains pada materi perpindahan kalor, siswa kelas V SD Negeri 200118 Sadabuan Kota Padangsidimpuan memiliki nilai keterampilan proses sains yang masih rendah. Hal itu bisa terlibat berdasarkan sikap dan jawaban siswa pada saat belajar IPA, dan disaat diberikan tes awal mengenai perpindahan kalor. Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi perpindahan kalor dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 200118 Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode siklus. Dalam penelitian ini peneliti bertugas sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 200118 Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas V SD Negeri 200118 Sadabuan Kota Padangsidimpuan mengalami peningkatan melalui pembelajaran menggunakan metode eksperimen. Peningkatan keterampilan siswa ditunjukkan berdasarkan hasil tes yang telah dipersentasikan pada siklus I pertemuan I 65%, siklus I pertemuan II 69%, yang memiliki rata-rata 67%. Dan hasil tes yang dibagikan kepada siswa siklus II pertemuan I 80%, siklus II pertemuan II 85%. Karena peningkatan keterampilan proses sains siswa telah mencapai sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi perpindahan kalor dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Metode eksperimen; Keterampilan proses sains; Pembelajaran ilmu pengetahuan alam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Dec 2023 04:53
Last Modified: 09 Dec 2023 04:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9894

Actions (login required)

View Item View Item