Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning pada pembelajaran tematik di Kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan

Fadilah, Alfa (2023) Upaya peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning pada pembelajaran tematik di Kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Ketidakmampuan siswa menuangkan gagasan, serta idenya dalam meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual Teaching Learning menyebabkan siswa pasif dan tidak adanya interaksi aktif antara guru dan murid sehingga berdampak rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning di kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkat hasil belajar siswa dengan menggunkan Model Pembelajaran Contekstual Teaching Learning pada pembelajaran tematik yang mengarah kepada ilmu pengetahuan social. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi awal memiliki rata-rata kelas 65,42, dengan persentase ketuntasan belajar 17,85%. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I pertemuan ke II memiliki rata-rata kelas 76,46, dan dengan persentase ketuntasan belajar 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus II pertemuan ke II memiliki jumlah nilai sebesar 2.314, dengan jumlah tuntas sebanyak 26 siswa, serta rata-rata kelas 82,64, dan memiliki persentase ketuntasan belajar 92, 8%. Jadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 18 % dengan nilai rata-rata 6,18. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sesuai dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Maulana Arafat Lubis, M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran CTL; Pembelajaran tematik; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Dec 2023 04:19
Last Modified: 09 Dec 2023 04:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9888

Actions (login required)

View Item View Item