Pane, Latif Rusdi (2023) Problematika pembelajaran pendidikan Agama Islam Kelas VII1 SMP Negeri 5 Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memetakan berbagai problematika yang terjadi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII1 SMP Negeri 5 Sipirok Kecamatan sipirok kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini untuk mengetahui dan memetakan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII1 SMP Negeri 5 Sipirok Kecamatan sipirok kabupaten Tapanuli Selatan yang terjadi diantaranya apa problematika pendidik, peserta didik, media pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan pemberian evaluasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII1 SMP Negeri 5 Sipirok kecamatan Sipirok kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa problematika pendidik, peserta didik, media pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan pemberian evaluasi pada pembelajaran pendidikan Agama Islam kelas VII1 SMP Negeri 5 Sipirok kecamatan Sipirok kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif (field research). Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara mendalam kepada pihak terkait yaitu guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik kelas VII1 SMP Negeri 5 Sipirok. Di samping itu, penghimpunan data melalui dokumen-dokumen resmi SMP Negeri 5 Sipirok sebagai pendukung yang relevan terhadap masalah yang dideskripsikan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat lima masalah pokok pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII1 SMP Negeri 5 Sipirok. Pertama, problematika pendidik yaitu pengelolaan kelas, penggunaan metode pembelajaran, penggunaan waktu dan penguasaan materi. Kedua, problematika peserta didik yaitu minat belajar dan penguasaan materi. Ketiga, problematika media pembelajaran yaitu minimnya media pembelajaran. Keempat, problematika strategi pembelajaran yaitu problematika kegiatan membuka pembelajaran, problematika kegiatan inti pembelajaran dan problematika kegiatan menutup pembelajaran. Kelima, pemberian evaluasi yang kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I |
Keywords: | Problematika; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Dec 2023 04:02 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 04:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9886 |
Actions (login required)
View Item |