Harahap, Nurul Fitriyah (2016) Implementasi pendidikan agama Islam pada siswa tunanetra Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
123100191.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (871kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Implementasi Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Padangsidimpuan. Adapun yang melatarbelakangi masalah ini adalah pendidikan merupakan hak untuk semua manusia baik normal dan berkebutuhan khusus. Oleh karena itu seharusnya pendidik untuk siswa tunanetra seharusnya adalah guru khusus agar pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Padangsidimpuan dapat terlaksana semaksimal mungkin. Berdasarkan permasalahan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan pembelajaran PAI, karakteristik guru, materi, metode, serta evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Padangsidimpuan. Berdasarkan analisis datanya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati keadaan sekitar dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yakni penelitian yang menggambarkan objek sesuai apa adanya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan wawancara serta dokumentasi. Adapun responden dalam penelitian ini adalah, Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, guru bidang studi lain dan siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Padangsidimpuan. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa implementasi Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di sekolah luar biasa (SLB) Negeri Padangsidimpuan jenjang SD memiliki banyak persamaan dengan pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah umum. Perbedaanya hanya pada ruang lingkup, di SD dipelajari hadist dan tarikh dan kebudayaan Islam sedangkan di SDLB tidak. Adapun tujuan Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra sesuai dengan visi misi SLBN Padangsidimpuan adalah agar peserta didik menjadi siswa yang berakhlak mulia dan hidup mandiri. Selanjutnya karakteristik pendidik pada siswa tunanetra merupakan lulusan dari perguruan tinggi Islam yang bersikap penyayang dan penyabar dan disiplin. Untuk membantu pendidik lebih memahami siswa tunanetra ini dilakukan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan serta pengalaman kerja. Selanjutnya materi Pendidikan Agama Islam secara umum meliputi aqidah, akhlak dan syariat atau meliputi aspek al-quran, aqidah, akhlak dan fiqh. Adapun metode pembelajaran PAI yang lebih sering dilakukan adalah ceramah, hapalan, keteladanan, pembiasaan, dan demonstrasi. Serta evaluasi pembelajaran PAI dilakukan dengan ujian tulisan dan lisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi PAI; tunanetra; SLB |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 04:59 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 04:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/988 |
Actions (login required)
View Item |