Silitonga, Mahdalena (2023) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Kelas IV SD Negeri 200211 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 200211 Padang Sidempuan. Hal ini dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh minimnya ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran karena gaya belajar yang cenderung monoton. Kurangnya variasi dalam pembelajaran dan minimnya sarana berupa alat bantu pembelajaran berdampak kepada hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 200211 Kota Padangsidimpuan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model student teams achievement division (STAD) pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 200211 Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV SD Negeri 200211 Kota Padangsidimpuan.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200211 Kota Padangsidimpuan tepatnya di kelas IV-B dengan jumlah siswa 20 orang. Adapun instrument pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian dengan menerapkan model student teams achievement division (STAD) terdapat peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 200211 Kota Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa mulaidari prasiklus dengan nilai rata-rata 65,5 dan persentase ketuntasan 35%. Kemudian pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata kelas 69,5 dengan persentase ketuntasan 40%. Pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata kelas adalah 72 dan persentase ketuntasan 45%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,25 dengan persentase ketuntasan 65%. Dan pada siklus II pertemuan 2, nilai rata-rata siswa mencapai 87,5dengan persentase ketuntasan 90%. Dengan demikian, penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Pembelajaran IPA; Model Student Teams Achievement Division (STAD) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 04:10 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 04:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9860 |
Actions (login required)
View Item |