Lasmita, Syafna (2023) Strategi guru dalam pembinaan karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Simatorkis Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100123.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah Strategi Guru dalam Pembinaan Karakter. Karena Strategi guru dalam pembinaan karakter siswa Madrasah tsanawiyah Nurul Hidayah Simatorkis Pasaman yang diterapkan oleh guru belum mampu diterima siswa dengan baik. Untuk itu peneliti melihat guru bagaimana starategi guru dalam pembinaan karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah Pasaman. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru dalam pembinaan karakter siswa, bagaimana karakter siswa, dan apa kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembinaan karakter. Tujuan penelitian untuk menggambarkan strategi yang digunakan guru dalam pembinaan karakter siswa, bagaimana karakter siswa, dan untuk menemukan kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan karakter siswa. Adapun jenis penelitian dan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumen, subjek penelitian adalah informan, yang artinya berada pada latar penelitian yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi, situasi dan kondisi latar penelitian. Hasil penelitian ini adalah pertama Strategi Guru dalam Pembinaan Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Simatorkis, Yaitu: Pembinaan karakter siswa dalam keteladanan, pembinaan karakter merupakan hal yang harus dilakukan di setiap sekolah agar siswa siswi memiliki akhlak yang baik karena itu peserta didik membutuhkan sosok atau fiqur seorang guru dalam memperbaiki akhlak siswa dengan begitu anak akan mengikuti tingkah laku pendidiknya. Pembinaan karakter siswa melalui kegiatan pembelajaran, Pendidikan karakter merupakan usaha untuk mendidik anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka mewujudkan generasi yang memiliki karakter. Pembinaan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler, Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu kegiatan pendukung yang mempunyai kontribusi dalam pembinaan karakter siswa. Kedua Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah. Ketiga Kendala Guru dalam membina karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Simatorkis Pasaman .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Strategi guru; Pembinaan karakater; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 02:39 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 02:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9792 |
Actions (login required)
View Item |