Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi cara memelihara organ peredaran darah di Kelas V SD Negeri 100617 Bargottopong Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Julaypani (2023) Penggunaan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi cara memelihara organ peredaran darah di Kelas V SD Negeri 100617 Bargottopong Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 100617 Bargottopong Kabupaten Tapanuli Selatan. Hal ini dilihat dari hasil rata rata (KKM) . Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh minimnya ketertarikan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran karena gaya belajar yang cenderung monoton. Kurangnya variasi dalam pembelajaran dan juga minimnya sarana berupa alat bantu pembelajaran juga berdampak kepada hasil belajar peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model Make A Match pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 100617 Bargottopong, sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil peserta didik melalui model Make A Match pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 100617 Bargottopong. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan pendidik kelas V SD Negeri 100617 Bargottopong. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100617 Bargottopong tepatnya di kelas V dengan jumlah 15 peserta didik. Adapun instrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 100617 Bargottopong . Hal ini dilihat dari hasil belajar peserta didik mulai dari pra siklus dengan nilai rata rata 65 dengan persentase ketuntasan 33,33%. Kemudian pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata rata kelas 70,33 dengan persentase ketuntasan 46,66 %. Pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata kelas adalah 75 dengan nilai persentase ketuntasan 53,33%. Kemudian siklus II pertemuan I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,33 dengan persentase ketuntasan 60%. Dan siklus II pertemuan II nilai rata-rata peserta didik mencapai 84,33, dengan persentase ketuntasan 86,66%. Dengan demikian, penelitian ini dihentikan pada silkus II karena telah mencapai indicator keberhasilan yang telah peneliti targetkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran make a match; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:29
Last Modified: 23 Nov 2023 02:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9791

Actions (login required)

View Item View Item