Aini, Ely Syarifah Nur (2023) Penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SD Negeri 100218 Janji Matogu Kecamatan Angkola Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian yang dilakukan yaitu dalam proses pembelajaran membaca siswa sering mengalami kesalahan. Kesalahan tersebut dapat berupa mengenali huruf, kata, dan kalimat yang semuanya terlihat dalam bunyi yang diucapkan. Oleh karena itu, usaha menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan membaca perlu latihan atau berulang- ulang dan bimbingan secara intensif yang diberikan oleh guru, dengan menggunakan metode drill, diharapkan kesalahan membaca pada siswa dapat dihindari.Melalui membaca dengan cara menerapkan metode drill. Maka adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode drill pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Janji Matogu Kecamatan Angkola Selatan? dan apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode drill pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Janji Matogu KecamatanAngkola Selatan? dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode drill pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Janji Matogu Angkola Selatan Kecamatan, dan untuk mengetahui penerapan metode drill sangat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Janji Matogu Kecamatan Angkola Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas II SDN 100218 Janji Matogu. Dengan subjek pada kelas II-a dengan jumlah siswa 24 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan tes. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Melalui penelitian ini yang telah dilakukan hasil belajar siswa meningkat, yaitu pada pra siklus nilai rata- rata adalah kelas 63,33 dengan persentase tuntas sebanyak 45,5%. Pertemuan I siklus I nilai rata- rata adalah 69,16 dengan persentase ketuntasan 58,3%, pada pertemuan II siklus I nilai rata- rata 76,66 dengan persentase sebanyak 66,6%. Sedangkan pertemuan I siklus II nilai rata- rata kelas mencapai 80 dengan persentase ketuntasan sebanyak 75% pada pertemuan II siklus II nilai rata- rata 87,5 dengan persentase ketuntasan sebanyak 87,5%. Maka ditarik kesimpulan bahwa melalui metode drillini dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 100218 Janji Matogu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Kemampuan membaca; Bahasa Indonesia; Metode drill |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 04:12 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 04:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9782 |
Actions (login required)
View Item |