Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada materi perubahan wujud benda melalui metode eksperimen untuk siswa Kelas III di MIS NU Kampung Mudik Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah

Tanjung, Tuti Alawiyah (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada materi perubahan wujud benda melalui metode eksperimen untuk siswa Kelas III di MIS NU Kampung Mudik Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas III MIS NU Kampung Mudik masih rendah. Hal ini disebabkan oleh guru masih kurang menerapkan metode-metode baru dalam pembelajaran dan masih menggunakan metode pembelajaran yang lama yaitu metode demontrasi, tanya jawab dan ceramah. Tujuanpenelitian ini adalah mengetahui apakah metode eskperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Desa Kampung Mudik Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan teori Kurt Lewin penelitian tindakan kelas atau Action Research memiliki empat langkah penting, yaitu tahapan perencanaan (Planning), tahap pelaksanaan (Acting), pengamatan (Observing) dan refleksi (Reflecting). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa Kelas III MIS NU Kampung Mudik yang berjumlah 11 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pra siklus persentase ketuntasan hanya 18,18%. Pada siklus I pertemuan I setelah menggunakan metode eksperimen siswa yang tuntas KKM (70) sebanyak 3 orang (27,27%), sedangkan pada siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 orang siswa (36,36%). Pada siklus II pertemuan I pembelajaran menggunakan metode eksperimen siswa yang tuntas KKM sebanyak 7 orang siswa (63,63%), sedangkan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas KKM sebanyak 9 orang siswa ( 81,81%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di Kelas III MIS NU Kampung Mudik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Diyah Hoiriyah, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Metode eksperimen; Perubahan wujud benda
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:19
Last Modified: 22 Nov 2023 03:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9775

Actions (login required)

View Item View Item