Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap hak konsumen pedagang kaki lima (studi di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Padangsidimpuan)

Siregar, Mega Khoirunnisa (2023) Implementasi Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap hak konsumen pedagang kaki lima (studi di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1910200028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implementasi Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen terhadap hak konsumen pedagang kaki lima di Pasar Sangkumpal Bonang. Tujuan Penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui bagaimana implementasi hak konsumen pada Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Padangsidimpuan; kedua, untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan hukum dan penyelesaian sengketa terhadap konsumen di Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Padangsidimpuan. Jenis Penelitian ini adalah (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yaitu data yang didapatkan langsung melalui wawancara kepada konsumen pedagang kaki lima. Sumber data sekundernya yaitu berupa buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa Implementasi Pasal 4 Huruf Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen masih memiliki banyak kendala dalam penerapannya, hal tersebut dikarenakan, pertama, Konsumen masih banyak yang tidak tahu dan juga kurang peduli akan hak-hak yang dimilikinya; kedua, Pedagang sebagai penyedia barang dan jasa kurang memperhatikan kewajiban dan hak-hak konsumen. Dikarenakan adanya ketidak seimbangan ini akan menyebabkan kerugian kepada satu pihak saja yaitu kepada konsumen, oleh sebab itu Undang-Undang perlindungan konsumen memberikan perlindungan hukum berupa konsumen bisa mendapatkan ganti rugi, perlindungan dan upaya penyelesaian sengketa terhadap kerugian yang dialaminya. Penyelesaian sengketa konsumen ini dapat diselesaikan melalui pengadilan penyelesaian sengketa melalui pengadilan dilakukan di Pengadilan Negeri dan diluar pengadilan dapat dilakukan dengan cara arbitrase, konsultasi, negosiasi, mediasi, konsiliasi atau penilaian ahli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Habibi, S.H., M.Hum dan Dr. Putra Halomoan Hsb, M.H
Keywords: Perlindungan konsumen; Pedagang kaki lima
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Nov 2023 04:25
Last Modified: 21 Nov 2023 04:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9763

Actions (login required)

View Item View Item