Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan keterampilan membaca intensif melalui strategi KWL (Know Want To Know Learned) pada siswa Kelas III SDN 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Rizky Nadhirah (2023) Peningkatan keterampilan membaca intensif melalui strategi KWL (Know Want To Know Learned) pada siswa Kelas III SDN 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan membaca intensif siswa di kelas III SD Negeri 100202 Napa disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari guru dan juga siswa. Faktor-faktor tersebut antara lain disebabkan oleh strategi pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional, menyampaikan materi secara monoton, suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan, dan juga masih banyak siswa yang ribut saat pembelajaran, sibuk sendiri dan tidak termotivasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada peningkatan keterampilan membaca intensif melalui strategi KWL (Know Want To Know Learned) pada siswa kelas III SDN 100202 Napa kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan membaca intensif melalui strategi KWL (Know Want To Know Learned) pada siswa kelas III SDN 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 31 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu suatu jenis penelitian yang muncul pada saat proses pembelajaran di kelas yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian terdiri atas peneliti sebagai guru kelas III dan siswa kelas III yang berjumlah 15 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pra siklus diperoleh hasil keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih terbilang rendah. Siswa yang tuntas hanya 5 siswa atau sebesar 16,13% dari nilai KKM yang ditentukan, Setelah diterapkannya strategi KWL (Know Want To Know Learned) pada siklus I dan siklus II siswa yang mampu mencapai KKM sebanyak 15 siswa atau sebesar 48,38% dan pada siklus II sebanyak 28 siswa atau sebesar 90,32%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui strategi KWL (Know Want To Know Learned) dapat memberikan peningkatan pada keterampilan membaca intensif siswa kelas III SDN 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Strategi KWL; Keterampilan membaca intensif
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:17
Last Modified: 15 Nov 2023 02:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9724

Actions (login required)

View Item View Item