Nasution, Gusni Sarah (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada materi bangun datar di Kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif siswa di SD Negeri 200205 Padangsidimpuan yang belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan bahwa motivasi masih kurang diperhatikan, siswa hanya menguasai teknik yang sudah dicontohkan sebelumnya dan guru belum pernah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Salah satu solusi mengatasi problema tersebut dengan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam upaya meningkatkan motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada materi bangun datar di kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan. Dan bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif ipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan melakukan kolaborasi dengan guru wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200205 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian di kelas IV berjumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Prosedur penelitian dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dalam setiap siklus dilaksanakan dengan 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan kemampuan kognitif siswa. Dari hasil penelitian terjadi peningkatan indikator motivasi belajar siswa pada siklus I 47,31% meningkat menjadi 55,78%. Kemudian pada siklus II 69,19% meningkat menjadi 77,22%. Selain itu, kemampuan kognitif sebelum tindakan (prasiklus) persentase siswa yang tuntas 35,71%. Pada saat siklus I persentase yang tuntas 57,14% meningkat menjadi 64,28%. Selanjutnya, pada siklus II persentase yang tuntas 71,42% meningkat lagi 82,14%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada materi bangun datar di kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Model kooperatif tipe TGT; Motivasi; Kemampuan kognitif; Bangun datar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 02:01 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 02:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9723 |
Actions (login required)
View Item |