Siregar, Septi Khairani (2023) Pengaruh shopee paylater dan cash on delivery terhadap perilaku konsumsi generasi muslim milenial Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi menyebabkan perubahan perilaku konsumsi yang awalnya berbelanja melalui offline shop berubah menjadi melalui online shop. Salah satunya fitur shopee paylater dan cash on delivery menjadi faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi pada generasi muslim milenial Padangsidimpuan. Dimana strategi fitur pembayaran yang digunakan oleh pihak shopee mempengaruhi perilaku konsumsi dalam melakukan pembelian tanpa mengkhawatirkan transaksi pembayaran yang akan dilakukan sehingga generasi muslim menghiraukan perbedaan antara keinginan dengan kebutuhannya sendiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh shopee paylater dan cash on delivery terhadap perilaku konsumsi generasi muslim milenial padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh shopee paylater dan cash on delivery terhadap perilaku konsumsi generasi muslim milenial Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang perilaku konsumsi, dimana Imam Al-Ghazali telah membedakan antara keinganan dan kebutuhan, bahwa pentingnya niat dalam melakukan konsumsi sehingga tidak kosong dari makna ibadah. Pembahasan penelitian ini berhubungan dengan bidang ilmu manajemen atau sehubungan dengan teori-teori yang berkaitan dengan shopee paylater dan cash on delivery Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mahasiswa UIN Syahada yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sumber data yaitu data primer, dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, analisis statistic deskriptif, uji linieritas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas), uji analisis regresi linear berganda, uji statistik deskriftif (R) uji hipotesis (uji t dan f) dengan menggunakan statistik SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (uji t) pada variabel shopee paylater (X1) memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumsi generasi muslim milenial Padangsidimpuan. Begitu juga pada variabel cash on delivery (X2) memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumsi generasi muslim milenial Padangsidimpuan. Sedangkan variabel shopee paylater dan cash on delivery secara simultan memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumsi generasi muslim milenial Padangsidmpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A dan Aliman Syahuri Zein, S.E.I., M.E.I |
Keywords: | Cash on delivery; Perilaku konsumsi; Shopee paylater |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 03:05 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 03:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9712 |
Actions (login required)
View Item |