Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pendidikan jamaah tabligh dalam meningkatkan shalat berjamaah di Desa Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar.

Hamid, Abdul (2019) Metode pendidikan jamaah tabligh dalam meningkatkan shalat berjamaah di Desa Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420100075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwasanya melaksanakan shalat berjamaah di masjid itu sangat banyak manfaatnya dari pada shalat dirumah. Namun hanya sedikit yang melaksanakan shalat berjamaah di mesjid, sementara banyak umat islam yang tinggal di sekitar masjid, namun hanya sedikit yang datang untuk melaksanakan shalat berjamaah di masjid, namun ketika datangnya para jamaah tabligh masjid mulai rame dan shalat berjamaah mulai aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini apa saja metode pendidikan yang dilakukan jamaah tabligh dalam meningkatkan shalat berjamaah di Desa Kasikan Kabupaten Kampar. Apa saja materi pendidikan jamaah tabligh dalam meningkatkan shalat berjamaah di Desa Kasikan Kabupaten Kampar. Apa saja kendala jamaah tabligh dalam mengajak masyarakat untuk meningkatkan shalat berjamaah di Desa Kasikan Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode jamaah tabligh terhadap peningkatan Shalat berjamaah di Desa Kasikan Kabupaten Kampar. Untuk mengetahui materi jamaah tabligh terhadap peningkatan shalat berjamaah di desa Kasikan kabupaten Kampar dan untuk mengetahui kendala jamaah tabligh terhadap peningkatan shalat berjamaah di Desa Kasikan Kabupaten Kampar. Metodologi penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena sekitarnya dan menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam penelitian ini yang menjadi sumber data primer adalah jamaah tabligh sebanyak 15 orang dan data sekunder adalah kepala desa Hasil penelitian ini ada beberapa jenis metode yang sering di gunakan kepada masyarakat yaitu metode al-hikmah dimana dalam metode ini kemampuan pendidik beretorika dan mempelajari ilmu seni berkomunikasi dalam menjelaskan ajaran islam serta realitas yang logis dan menggunakan bahasa yang dimengerti oleh masyarakat yang mendengar. Kemudian metode al-mau’idza al-hasanah yang merupakan cara penyampaian pendidik kepada masyarakat dengan lemah lembut. Kemudian yang terkakhir adalah al- mujadalah merupakan metode yang dilakukan adalah berdiskusi dengan cara yang baik dari cara-cara berdiskusi yang ada. Adapun materi yang disampaikan oleh jamaah tabligh adalah Tauhid dimana materi tauhid ini mempelajari tentang keesahan Allah dan Rasulullah sebagai utusan Allah. Kemudian materi Fiqih mempelajari tentang tata cara melaksanakan shalat, hukum meninggalkan shalat dan manfaat melaksanakan shalat berjamaah. Adapun kendala jamaah tabligh dalam mengajak masyarakat untuk melaksanakan shalat berjamaah adalah hanya sebagian masyarakat yang menerima ajakan dan yang disampaikan oleh jamaah tabligh bahkan sebagian masyarakat membenci adanya jamaah tabligh tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan Jamaah Tabligh Dalam Meningkatkan Shalat Berjamaah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 01 Apr 2020 05:49
Last Modified: 08 Apr 2020 21:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item