Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media manipulatif pada materi pecahan di Kelas IV SD Negeri 200112 Kota Padangsidimpuan

Lubis, Octavia Marito (2023) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media manipulatif pada materi pecahan di Kelas IV SD Negeri 200112 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa SD Negeri 200112 Kota Padang Sidempuan. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan KKM, disebabkan karena guru belum menerapkan media manipulatif sebagai media dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar dan kurangnya interaksi yang aktif antara guru dan siswa karena gaya belajar yang cenderung monoton. Kurangnya variasi dalam pembelajaran dan juga minimnya sarana berupa alat bantu pembelajaran juga berdampak kepada hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan bagaimana penerapan media Manipulatif pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 200112 Padang Sidempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV A SD Negeri 200112 Padang Sidempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200112 Padang Sidempuan tepatnya di kelas IV A dengan jumlah siswa 30 orang. Adapun instrument pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan media manipulatif sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pra siklus sebelum menggunakan media blok pecahan sebagai media hanya 13,33% (4 siswa) yang memenuhi KKM, sedangkan 86,67% (26 siswa) belum mencapai KKM dengan rata-rata kelas sebesar 51. Pada siklus I ada peningkatan dari yang tidak memenuhi KKM dengan siswa yang tuntas siswa 23,33% (7 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 62,16. Sedangkan pada siklus II lebih meningkat dibandingkan siklus I dimana siswa yang mencapai KKM 83,33% (25 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 80,83. Hal ini sangat terlihat meningkat dan mengalami perubahan sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunan media manipulatif (blok pecahan) sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 200112 Kota Padang Sidempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Media blok pecahan; Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Nov 2023 05:48
Last Modified: 11 Nov 2023 05:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9698

Actions (login required)

View Item View Item