Harahap, Sepdi (2023) Penerapan metode kisah dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Hajijah Amalia Sari Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1620100164.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kegiatan belajar mengajar melalui metode kisah seorang guru harus mampu menguasai materi-materi serta membimbing dan memfasilitasi siswa agar mereka dapat memahami kemampuan dan kekurangan yang mereka miliki kemudian guru juga harus dapat memberikan motivasi serta arahan terhadap siswa agar terdorong untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan metode kisah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan metode Al-Kisah dalam pembelajaran SKI di MTs Hajijah Amalia Sari Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di Sekolah Mts Hajijah Sari Kota Padangsidimpuan. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data observasi, dan wawancara. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa Perencanaan metode kisah pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan yaitu guru mempersiapkan Sibalus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), memberikan motivasi kepada siswa, mengatur posisi tempat duduk siswa, mempersiapkan kisah, membawa kisah dengan alur cerita harus memperhatikan intonasi sehingga siswa mampu menghayati dalam bercerita. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode kisah pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan terdapat Langkah-langkah pembelajaran Kebudayaan Islam yaitu: a. Guru memberikan apresiasi, tujuan dan tema cerita, mengatur tempat duduk, melaksanakaan kegiatan pembukaan. b. Guru melakukan kegiatan inti meliputi eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. c. Kegiatan penutup yang meliputi refleksi dan menyimpulkan kegiatan. Penilaian pembelajaran dengan metode Kisah pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan menggunakan jenis instrumen penilaian dapat berupa tes lisan secara klasikal dan tes tertulis berupa soal essay, aspek yang dinilai berupa aspek kognitif hasil penilaian siswa mendapatkan nilai-nilai yang bagus atau tuntas, tetapi ada beberapa siswa yang tidak tuntas nilai hasil belajar, penilaian diperoleh dari hasil Lembar Kerja Peserta Didik atau LKPD, dan daftar nilai siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Muhlison, M.Ag |
Keywords: | Penerapan; Metode kisah; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 08:48 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 08:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9685 |
Actions (login required)
View Item |