Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 101705 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaen Tapanuli Selatan

Sari, Rizki Indah Laila (2023) Penerapan model cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 101705 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaen Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penerapan ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101507 Hutatonga pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajara Cooperative Learning tipe Jigsaw. Salah satu penyebab rendahnya nilai belajar IPA di SD Negeri 101507 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang variatif dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran guru hanya menyampaikan pembelajaran IPA dengan seadanya. Penelitian bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101507 Hutatonga dengan menggunkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dan mengetahui proses pembelajaran IPA melaui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw di kelas V SD Negeri Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101507 yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari nilai pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 3 siswa dalam persen sebanyak 15%. Siklus I pertemuan ke-2 siswa yang tuntas sebanyak 7 peserta didik dalam persen sebanyak 35%. Siklus II pertemuan ke-2 siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dengan persentase 90%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V semester Ganjil SD Negeri 101507 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada pembelajaran IPA dilakukan 4 tahapan, yaitu merumuskan masalah, hipotesis, rancangan/pengujian dan menyimpulkan dengan manggunakan media pembelajaran yang disediakan oleh guru berupa media gambar yang di gunakan pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Cooperative learning tipe jigsaw
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:54
Last Modified: 09 Nov 2023 01:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9650

Actions (login required)

View Item View Item