Siregar, Nia Anjely (2023) Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dalam peningkatkan hasil belajar IPA materi alat indera manusia di Kelas IV SD Negeri 22 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Topik penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 22 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu masih kurang berminat dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi alat indera manusia sehingga hasil belajar peserta didik kelas IV masih rendah. Hal ini dikarenakan peserta didik mudah merasa bosan saat mengikuti proses pembelajaran di kelas dan guru hanya menggunakan metode ceramah saja saat menyampaikan materi. Banyak peserta didik yang masih bermain-main, mengantuk dan berbicara kepada teman sebangku mereka pada saat pembelajaran berlangsung. 16 peserta didik yang ada di dalam ruangan kelas hanya 6 orang yang tergolong mendengarkan guru dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar peserta didik kelas IV pada siklus I. Untuk mengetahui bagaimana gambaran kemajuan hasil belajar pada siklus II. Untuk mengetahui bagaimana perbandingan hasil belajar peserta didik pada siklus I dan II. Hal ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 22 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjek adalah peserta didik kelas IV Negeri 22 Rantau Utara yang berjumlah 16 orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi peserta didik. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) pada materi alat indera manusia untuk peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 22 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu mulanya masih rendah. Namun dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan hasil belajar IPA dalam proses pembelajaran semangkin meningkat pada setiap siklus yaitu pada siklus I dengan presentase 50.0% dengan 8 orang peserta didik yang memiliki peningkatan hasil belajar sedangkan pada siklus II dengan presentase 81.25% dengan 13 orang peserta didik yang memiliki peningkatan hasil belajar, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran IPA materi alat indera manusia benar-benar meningkat yakni dari siklus I dengan presentase 50.0% sampai siklus II dengan presentase 81.25%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zulhammi, S.Ag., M.Pd dan Dwi Maulida, M.Pd |
Keywords: | Metode Teams Games Tournament (TGT); Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 03:20 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 03:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9633 |
Actions (login required)
View Item |