Harahap, Syarifah Nur Akmal (2019) Pengembangan learning trajectory pokok bahasan pola bilangan melalui pendekatan kontekstual di kelas VIII-1 MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pahamnnya siswa terhadap materi pola bilangan, hal ini disebabkan kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, kurangnya media pembelajaran matematika yang tersedia, dan tidak adanya keinginan siswa untuk mengulang pelajaran di rumah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pola bilangan, hal ini terbukti dari tes awal yang dilakukan oleh peneliti. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami pola bilangan. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa lintasan belajar dengan pendekatan kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana validitas dan praktikalitas pengembangan lintasan belajar siswa kelas VIII-1 MTsN 2 Padangsidimpuan pada materi pola bilangan dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain (design Research) tipe validation study yang bertujuan untuk mengembangkan alur pembelajaran dengan menyusun aktivitas pembelajaran dalam proses pendesainan dan pengujian yang berulang, dengan aspek utamanya terletak pada proses berulang dalam melakukan eksperimen pemikiran dan pengajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Padangsidimpuan dengan subyek ujicoba produk di kelas VIII-1 yang berjumlah 38 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar pada materi pola bilangan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dikatakan valid dengan nilai 81 dari analisis 3 validator, dimana 2 validator diantaranya adalah dosen dan 1 validator adalah guru matematika yang mengajar di MTsN 2 Padangsidimpuan dan cukup praktis dengan nilai 79 dari angket respon siswa, terlaksananya ketujuh komponen pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran dan tertariknya siswa dalam mempelajari pola bilangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lintasan belajar; Pola bilangan; Kontekstual |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 25 Apr 2020 00:16 |
Last Modified: | 25 Apr 2020 00:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/962 |
Actions (login required)
View Item |