Nasution, Nur Adillah (2023) Implementasi kurikulum jaringan sekolah islam terpadu berbasis media teknologi informasi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2150100007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Kurikulum merupakan suatu program pendidikan direncanakan dan diimplementasikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Jaringan Sekolah Islam Terpadu adalah persatuan sekolah dengan kurikulum perpaduan antara kurikulum sekolah dengan kurikulum dari Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu Berbasis Media Teknologi Informasi, Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu Berbasis Media Teknologi Informasi, dan Faktor pendukung dan penghambat Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu Berbasis Media Teknologi Informasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Al-Husnayain merupakan perpaduan antara kurikulum Diknas yaitu Kurikulum 2013 dengan kurikulum sekolah Islam terpadu dengan penambahan pada mata pelajaran terdiri dari tahsin, tafsir, hadits, siroh, fiqih, bina pribadi Islam. 2) Implementasi kurikulum jaringan sekolah Islam terpadu berbasis media teknologi informasi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses pembelajarannya diimplementasikan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dan dalam pembelajarannya menggunakan media teknologi informasi yaitu proyektor, laptop dan speaker. 3) Faktor Pendukung Implementasi kurikulum jaringan sekolah Islam terpadu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan media teknologi informasi adalah tenaga pengajar sesuai dengan bidangnya, sarana dan prasarana menunjang, kedisiplinan siswa, tersedianya jaringan internet sekolah (Wifi). Faktor penghambatnya yaitu kadang terkendalanya dalam pengoperasian laptop maupun proyektor, waktu mempersiapkan, menghidupkan proyektor memakan waktu yang lama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Implementasi kurikulum; Media teknologi informasi; Sekolah islam terpadu |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 08:26 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 08:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9592 |
Actions (login required)
View Item |