Solehani, Solehani (2023) Pembelajaran fikih di MTs N 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100239.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran fikih pada kelas VII di MTsN 1 Padangsidimpuan memiliki beragaman lulusan dari berbagai sekolah, ada yang dari SD dan juga MI. Berdasarkan perbedaan latar belakang jenjang tersebut guru harus bisa memberikan pengajaran yang bervariasi. Kegiatan pembelajaran di MTsN akan berlangsung baik manakala guru memahami berbagai metode, media, hingga bagaimana menyampaikan materi tepat sasaran kepada peserta didik. Penggunaan metode, media, hingga evaluasi adalah komponen yang harus dilaksanakan agar mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam memahami materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan (3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran fikih di MTsN 1 Padangsidimpuan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengabsahan data dilakukan dengan proses triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Perencanaan pembelajaran pada kelas VII belum terlaksana dengan baik karena guru belum membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) (2)Pelaksanaan pembelajaran pada kelas VII belum menggunakan media pembelajaran seperti menggunakan infokus (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan cara pre-test dan post-tes setiap kali pertemuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
Keywords: | Pembelajaran; Fikih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 02:27 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 02:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9562 |
Actions (login required)
View Item |