Harahap, Siti Aisa (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi komunikasi di Kelas IV MIS Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru sekolah masih berpusat pada guru, dimana guru menggunakan metode ceramah hal ini memperngaruhi minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran. Untuk itu diperlukan metode yang dapat membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar salah satunya dengan menerapkan model mind mapping. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi komunikasi di kelas IV MIS Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadapt penerapan model pembelajaran mind mapping pada materi komunikasi Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan mencari rata-rata kelas (mean) dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada nilai rata-rata siswa pra siklus adalah 54 dengan persentasi ketuntasan 20%, kemudian pada siklus I pertemuan pertama hanya terjadi sedikit peningkatan di nilai rata-rata kelas menjadi 57,5 sedangkan nilai ketuntasan masih tetap pada persentasi 20%, selanjutnya pada pertemuan 2 siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,5 dengan persentasi ketuntasan 40%, selanjutnya pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata siswa mencapai 77,5 dengan persentasi ketuntasan 60%. Dan pada siklus II pertemuan ke-2 juga hasil belajar siswa terdapat peningkatan dimana nilai rata-rata siswa adalah 82,5 dengan persentasi ketuntasan 75%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIS MIS Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Untuk itu disarankan pada guru untuk menerapkan metode pembelajaran ini, untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Mind mapping; Bahasa Indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 03:15 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 03:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9524 |
Actions (login required)
View Item |