Lubis, Ade Putri Mustafa (2023) Pengembangan bahan ajar matematika materi segitiga dengan pendekatan discovery learning di Kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang masih kesulitan untuk memahami materi pembelajaran secara mandiri, khususnya pada materi segitiga. Salah satunya disebabkan karena bahan ajar yang digunakan masih belum mendukung minat belajar serta kurang memotivasi belajar peserta didik. LKS yang ada sekarang kurang dapat dikatakan sempurna, isi LKS lebih banyak ditekankan pada penjelasan rinci (defenisi) dari sebuah konsep, kemudian diikuti oleh contoh soal dan sejumlah soal-soal latihan. Dan ditinjau dari segi penyajiannya kurang menarik dan tidak disenangi oleh siswa sebab gambar pada LKS tidak berwarna. Agar bahan ajar lebih mudah dipahami dan dapat melibatkan siswa dan mempermudah dalam mempelajari Matematika adalah dengan mengembangan bahan ajar dengan pendekatan discovery learning untuk pembelajaran materi Segitiga yang bertujuan agar proses dan hasil pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Adapun rumusan masalah yaitu validitas LKS dengan pendekatan Discovery Learning materi segitiga, praktikalitas LKS dengan pendekatan Discovery Learning materi segitiga, efektifitas LKS dengan pendekatan Discovery Learning materi segitiga di kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKS dengan pendekatan Discovery Learning materi segitiga, praktikalitas LKS dengan pendekatan Discovery Learning materi segitiga, efektifitas LKS dengan pendekatan Discovery Learning materi segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Model Pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang melalui lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. LKS dengan pendekatan discovery learning materi segitiga dikembangkan melalui tahapan validasi ahli materi dan ahli rancangan. Serta diuji cobakan kepada siswa kelas VII-3 SMP Negeri 3 Padangsidimpuan yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian dan analisis penilaian oleh para ahli, LKS yang dikembangkan layak dijadikan sebagai salah satu bahan ajar matematika untuk siswa kelas VII. Berdasarkan penilaian seluruh aspek kevalidan LKS ditunjukkan dengan nilai 82,7% dan dikategorikan sangat valid. Kepraktisan dari seluruh aspek ditunjukkan dengan nilai 83,% dan dikategorikan sangat praktis. Kemudian, efektifitas dari seluruh nilai hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai 81,4% dan dikategorikan sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Lembar Kerja Siswa (LKS); Discovery learning; Segitiga |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 01:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 01:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9502 |
Actions (login required)
View Item |