Royhanuddin, Fauzan (2023) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih ada beberapa siswa yang belum memenuhi kriteria berakhlak yang baik. Karena sering dijumpai ada sebagian siswa yang berbicara kurang sopan antar sesama siswa, acuh tak acuh terhadap nasehat guru, siswa yang datang ke sekolah terlambat. Untuk menciptakan siswa yang memiliki perilaku baik, oleh karena itu guru pendidikan agama Islam harus berupaya dalam membina akhlak siswa sesuai dengan ajaran agama Islam dan yang dicontohkan oleh baginda Rasulullah SAW. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana gambaran umum akhlak siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, 2). Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan dan 3). Faktor penghambat/kendala guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Selanjutnya tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui gambaran umum akhlak siswa, untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa, dan untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi guru dalam membina akhlak siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Tekhnik pengolahan dan analisis data yaitu menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, reduksi data, deskripsi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa akhlak siswa SMK Negeri 4 Padangsidimpuan kurang baik seperti suka bolos dari sekolah, berbicara yang kurang sopan, melawan kepada guru. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa adalah dengan pembinaan melalui pembiasaan sholat berjama’ah di musholla, melalui contoh teladan yang baik, melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, melalui nasehat dan pengawasan. Faktor penghambat/kendala guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa yaitu pengaruh dari ajakan teman siswa, lingkungan tempat tinggal siswa dan kurang bijak dalam menggunakan teknologi. Setelah dilakukannya upaya pembinaan akhlak oleh guru pendidikan agama Islam siswa secara bertahap mulai menerapkan akhlak yang terpuji dan mentaati segala peraturan yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi |
Keywords: | Upaya guru pendidikan agama Islam; Membina akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 08:35 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 08:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9487 |
Actions (login required)
View Item |