Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui media benda konkret pada materi perkalian di Kelas III UPTD SDN 04 Hajoran Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Handayani, Nur Hikmah (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui media benda konkret pada materi perkalian di Kelas III UPTD SDN 04 Hajoran Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang belum mencapai KKM dan menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daaerah) SDN 04 Hajoran Kabupaten Labuhanbatu Selatan. pastinya ini menyulitkan siswa dalam menyelesaikan materi perkalian sebagai penjumlahan berulang sehingga siswa membutuhkan adanya alat peraga berupa benda konkrit. Maka untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan media benda konkrit. Rumusan masalah daalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan media benda kokret dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian di kelas III UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) SDN 04 Hajoran Kabupaten Labuhanbatu Selatan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media benda konkret pada materi perkalian di kelas III UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) SDN 04 Hajoran Kabupaten Labuhanbatu Selatan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Peneliti pelaksana tindakan dan guru sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SDN 04 Hajoran dengan subjek penelitian yaitu kelas III yang berjumlah 23 orang dengan jumlah siswa laki-laki 9 orang dan perempuan 14 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat, hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus hanya 22% (5 siswa) dengan rata-rata 47,7. Pada siklus I pertemuan ke-1 sudah ada peningkatan dari hasil belajar siswa dengan siswa yang tuntas diperoleh nilai rata-rata 58,6 (8 siswa) dengan presentase 35%. Pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 65,2 (14 siswa) dengan presentase 61%. Kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata 70,2 (17 siswa) dengan presentase 74% meningkat lagi pada pertemuan ke-2 mencapai 80,2 (21 siswa) dengan presetase ketuntasan 91%. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai II mengalami peningkatan dengan menggunakan penerapan media benda konkret.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd.
Keywords: Media benda konkrit; Hasil belajar matematika siswa; Perkalian
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:24
Last Modified: 12 Oct 2023 03:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9481

Actions (login required)

View Item View Item