Siregar, Tiadina (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Kelas IV SDN 101221 Janjilobi Kecamatan Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi peredaran darah manusia, disebabkan kurang optimalnya penerapan model pembelajaran dan membuat siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran, sehingga memerlukan adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa dapat meningkat setelah menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran materi peredaran darah manusia pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV di SDN 101220 Janjilobi Kecamatan Sipirok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam kelas IV melalui penggunaan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, penelitian ini dilaksanakan di SDN 102012 Janjilobi, Kecamatan Sipirok subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi organ peredaran darah manusia mengalami peningkatan disetiap siklusnya dari pre test nilai rata-rata siswa 48,7, siklus I pertemuan I nilai rata-rata siswa 58,2 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 15,3% (4 dari 26 siswa), pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata siswa 66,2 dengan persentase ketuntasan siswa 38,4 (10 dari 26 siswa), sedangkan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi nilai rata-rata siswa 74,1 dengan persentase ketuntasan 61% (16 dari 26 siswa), siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa 85 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 88,4% maka hasil nilai pada penelitian ini sudah mencapai indikator maka dapat dihentiakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Pendekatan saintifik; Ilmu pengetahuan alam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 07:48 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 08:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9470 |
Actions (login required)
View Item |