Ritonga, Tita Anggraini (2023) Pengaruh metode math magic way terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi bilangan bulat di Kelas VII MTs Al-Ahliyah Aek Badak. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada pokok bahasan operasi bilangan bulat di kelas VII MT's Al- Ahliyah Aek Badak, rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketidak aktifan dan ketidak kreatifan siswa dalam proses pembelajaran, karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan guru kurang inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Melalui penerapan metode Math Magic Way dapat membangun suasanan belajar yang lebih aktif dan efisien dalam berhitung operasi perkalian bilangan bulat dan siswa tidak segan untuk bertanya bila ada yang tidak tahu.. Dan dengan menggunakan metode Math Magic Way diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan dengan penggunaan metode Math Magic Way tehadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi bilangan bulat di kelas VII MTs Al-Ahliyah Aek Badak? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dengan penggunaan metode Math Magic Way terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi bilangan bulat di kelas VII MTs Al-Ahliyah Aek Badak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretest posttest control group design, dan instrumen yang digunakan adalah tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ahliyah Aek Badak yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 52 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas VII Khusus dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Reguler dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan rumus Uji-T. Berdasarkan analisis data, soal posttest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 77,80 dan kelas kontrol 69,26. Hasil pengujian hipotesis diperoleh T-hitung tabel yaitu 4,353 > 2,000, maka Ho ditolak dan Ha, diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Math Magic Way terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi bilangan bulat di kelas VII MTs Al-Ahliyah Aek Badak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd |
Keywords: | Metode math magic way; Hasil belajar; Operasi bilangan bulat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:19 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9458 |
Actions (login required)
View Item |