Badawi, Rahmat (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi persamaan kuadrat Kelas IX SMP N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920200020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal matematika. Apabila soal yang diberikan sedikit berbeda dengan contoh soal yang sudah diberikan oleh guru, maka banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal matematika tersebut. Siswa mengalami kesulitan dalam membangun ide-ide dan gagasan-gagasan baru untuk menyelesaikan permasalahan soal tersebut dan ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa dalam menjawab soal kurang berkembang. Disamping itu yang perlu diperhatikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX SMPN 2 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX SMPN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas IX dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol tidak beri perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 84,50 dan kelas kontrol sebesar 67,33. Ada pengaruh yang signifikan ekperimentasi model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi persamaan kuadrat kelas IX SMPN 2 Padangsidimpuan. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 5% yaitu t_hitung>t_tabel sehingga 7,503>2,00172 maka H_0 ditolak dan H_a diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nur Fauziah Siregar, M.Pd. dan Dr. Anita Adinda, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran problem based learning; Kemampuan berpikir kreatif; Persamaan kuadrat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 02:19 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 02:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9434 |
Actions (login required)
View Item |