Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Manajemen pelayanan calon jamaah umrah pada PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan

Matondang, AHD. Najib (2023) Manajemen pelayanan calon jamaah umrah pada PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930400024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan merupakan kunci pokok pada sebuah biro jasa travel Haji dan Umrah. Kepuasan jamaah menjadi titik awal untuk mengukur keberhasilan dan kesuksesan dari sebuah agen biro travel untuk diberikan label baik atau buruk. Oleh sebab itu peneliti ingin melihat manajemen pelayanan di PT. Multazam Wisata Agung cabang Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana manajemen pelayanan calon Umrah pada PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan? Apa faktor pendukung dan penghambat PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan dalam memberikan pelayanan Umrah pada jamaahnya ?. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Lalu, teknik dan pengolahan dan analisis data dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu : Meneliti semua data, reduksi data dan pengecekan validasi data. Hasil penelitian ini adalah bahwa manajemen pelayanan yang dilakukan oleh PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan terhadap calon jamaah Umrah ialah bertanggung jawab dan baik. Manajemen pelayanan yang diterapkan dalam kegiatan pelayanan calon jamaah oleh PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan ialah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Pelayanan yang diberikan meliputi : administrasi, bimbingan manasik Umrah, transportasi, akomodasi, konsumsi dan kesehatan. Faktor pendukung dalam memberikan pelayanan terhadap jamaah ialah adanya hubungan yang baik antara pengurus cabang dan pusat dan juga didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat banyaknya biro-biro perjalanan Haji dan Umrah dan juga letak geografis dari PT. Multazam Wisata Agung Cabang Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Ricka Handayani, M.M
Keywords: Manajemen; Pelayanan; Umrah; Multazam
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:04
Last Modified: 09 Oct 2023 02:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9432

Actions (login required)

View Item View Item