Handayani, Putri (2019) Problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100163.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika pendidikan Agama Islam. Dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam banyak sekali ditemukan problemtika. Problem tersebut ditemukan dari beberapa sektor, baik guru, siswa, kurikulum, manajemen, sarana prasarana, penilaian autentik, maupun lingkungan yang terdapat disekeliling pembelajaran pendidikan Agama Islam. Skripsi ini berjudul “Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan”. Maka masalah yang ada di dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Padamgsidimpuan, apa saja faktor penyebab munculnya masalah penerapan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apasaja problematika Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian yang di lakukan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, Sumber data pokoknya berasal dari guru Pendidikan Agama Islam dan sumber data sekunder berasal dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan siswa, sedangkan instrumen pengumpulan data yang peneliti gunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data dilaksanakan dengan cara deskriptif kualitatif yang terdiri darimenelaah seluruh data yang dikumpulkan dari sumber dat, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan belum maksimal, karena pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan belum sepenuhnya terlaksana. Problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan ada tiga yaitu, guru Pendidikan Agama Islam sulit mengubah mindset atau kebiasaan lama dalam mengajar, problem guru Pendidikan Agama Islam belum terbiasa dengan pendekatan saintifik dalam 2013, problem guru Pendidikan Agama Islam terhadap konsep penilaian autentik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problematik; Kurikulum 2013; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 24 Apr 2020 06:09 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 08:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/942 |
Actions (login required)
View Item |