Harahap, Nur Asyiah Jamil (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan melalui penggunaan media manipulatif di Kelas V SD Negeri 100316 Pargarutan Julu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh matematika dan hasil belajar siswa yang merupakan dua hal yang saling berkaitan. Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika masih menunjukkan kekurangan dan keterbatasan terutama dalam memberikan gambaran konkrit dari materi yang disampaikan. Tentunya, hal ini berakibat pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Sehingga guru berupaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi pecahan. Salah satu cara yang bisa dikembangkan oleh guru agar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan adalah dengan penggunaan media manipulatif. Dalam hal ini peneliti ingin meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan melalui penggunaan media manipulatif di kelas V SD Negeri 100316 Pargarutan Julu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar dengan menggunakan media manipulatif. Sedangkan metode tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa melalui media manipulatif. Dalam penelitian ini terbukti hipotesis diterima. Hal ini dapat dikatakan demikian karena terbukti pada saat sebelum dilakukannya tindakan nilai rata-rata siswa sebesar 54,0 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 25%. Setelah dilakukannya tindakan pada siklus I pertemuan ke-1 terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 57,8 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 31,2 %. Kemudian pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas menjadi 65,6 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 43,7%. Kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 74,6 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 68,7% dan pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas meingkat menjadi 80,6 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 81,2% sesuai dengan rencana dan tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti, sehingga penelitian ini dapat dihentikan karena jumlah siswa yang tuntas (mencapai skor 75 ke atas sebanyak 13 siswa) dengan kata lain siswa sudah tuntas belajar. Dengan demikian hipotesis dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Media manipulative; Hasil belajar; Pecahan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 08:08 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 08:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9412 |
Actions (login required)
View Item |