Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Nindia, Shara (2018) Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420100055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kondisi belajar membaca al-Qur’an siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan sesuai dengan pengamatan awal peneliti bahwa pembelajaran membaca al-Qur’an siswa masih banyak yang kurang memahami pelajaran tajwid, serta sebagian siswa masih ada yang terbata-bata dalam membaca al-Qur’an, dalam artian fokus penelitian ini adalah upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran membaca al-Qur’an, masalah yang dihadapi guru PAI dalam mengajar membaca al-Qur’an, dan program guru dalam meningkatkan pembelajaran membaca al-Qur’an siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran membaca al-Qur’an, apa masalah yang dihadapi guru PAI dalam mengajar membaca al-Qur’an, apa program guru dalam meningkatkan pembelajaran membaca al-Qur’an siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran membaca al-Qur’an siswa, untuk meneliti permasalahan yang dihadapi guru dalam mengajar membaca al-Qur’an siswa, dan untuk meneliti program guru dalam meningkatkan metode pembelajaran membaca al-Qur’an siswa SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif sehingga penelitian ini dilakukan dengan mengamati dan menggambarkan objek sesuai dengan fakta di lapangan kemudian menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu guru PAI, dan sumber data skunder adalah Kepala Sekolah, guru-guru dan siswa yang ada di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dariA. Upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran membaca al-Qur’an adalah setiap awal jam pelajaran diadakan tadarus suroh pendek yang berkaitan dengan pokok bahasan, mengadakan tes praktek membaca al-Qur’an, dan menyuruh siswa menghafal, membaca dan menulis. B. Masalah yang dihadapi guru PAI dalam mengajar membaca al-Qur’an adalahminimnya waktu dalam pelajaran membaca al-Qur’an.C. Program guru dalam meningkatkan pembelajaran membaca al-Qur’an siswa adalah mengadakan ekstrakulikuler, menyediakan kebutuhan siswa berupa kitab al-Qur’an, iqra’ dan buku pedoman khusus tajwid dari sekolah, serta mengadakan program perlombaan seperti hifzil Qur’an.Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti melihat bahwa masih banyak yang kurang mampu dalam membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peningkatan Membaca Al-Qur'an; Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 24 Apr 2020 05:59
Last Modified: 03 Jun 2020 08:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item