Harahap, Muhammad Riza Mahendra (2023) Pengaruh kualitas pelayanan dan kenaikan iuran terhadap tingkat kepuasan pasien kartu (BPJS) Kesehatan (studi kasus pada pasien mandiri di Puskesmas Padangmatinggi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1640200083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh naiknya Iuran BPJS Kesehatan Mandiri, yang berdampak pada menurunnya Kemampuan Peserta BPJS Kesehatan dalam Membayarkan Iuran per bulan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Kualiatas Pelayanan dan Kenaikan Iuran secara Parsial dan secara Simultan terhadap tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Kenaikan Iuran secara Parsial dan Simultan, terhadap tingkat Kepuasan pasien BPJS Kesehatan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang Ilmu Manajemen Sumberdaya Manusia. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori yang berkaian dengan Kualitas Pelayanan, dan Teori Kepuasan Pasien, Teori Kualitas Pelayanan membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jumlah sampel 100 orang. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis, uji koefisien determinasi, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel Kualitas Pelayanan dan Kenaikan Iuran berpengaruh secara parsial terhadap tingkat Kepuasan Pasien Kartu BPJS Kesehatan Mandiri di Puskesmas Padangmatinggi, hasil uji t1 dan t2 sebesar 3,923 dan 4,042 > 1,290 maka Ha1 dan Ha2 diterima. Hasil uji F sebesar 23,876 > 2,36 maka Hipotesis diterima dengan kata lain Kualitas Pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Mandiri di Puskesmas Padangmatinggi, dengan tingkat pengaruhnya dapat dilihat dari R2 variabel bebas sebesar 33,2 % dipengaruhi oleh variabel ini dan 78,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak cantumkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Windari, S.E., M.A dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si |
Keywords: | Kualitas pelayanan; Kenaikan iuran; Kepuasan pasien |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 03:56 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 03:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9374 |
Actions (login required)
View Item |