Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam membina ranah psikomotorik siswa tunagrahita Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara

Nasution, Nur Faizah Yazid (2023) Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam membina ranah psikomotorik siswa tunagrahita Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini, siswa tunagrahita memiliki keterbatasan intelektual ataupun sering disebut sebagai down syndrom. Siswa tunagrahita membutuhkan bantuan orang dalam membina ranah psikomotorik. Siswa tunagrahita membutuhkan bantuan sebagai suatu usaha untuk menanggulangi permasalahan melalui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam membina ranah psikomotorik siswa tunagrahita Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam membina ranah psikomotorik siswa tunagrahita. Apa saja faktor penghambat yang mempengaruhi kreativitas guru dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam membina ranah psikomotorik siswa tunagrahita. Mengetahui faktor penghambat yang mempengaruhi guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar. Metodologi penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, menggambarkan fenomena-fenomena suatu keadaan yang sebenarnya terjadi dilapangan. Sumber penelitian ini dari hasil observasi dan wawancara dari pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas yang dilaksanakan guru Pendidikan Agama Islam dalam membina ranah psikomotorik siswa tunagrahita menggunakan komunikasi total, membawakan media visual atau gambar, dan mempraktekkan materi yang diajarkan, dan mengadakan kegiatan rutin keagamaan. Faktor penghambat yang mempengaruhi guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar adalah sulitnya dalam penyampaian materi, karena keterbatasan siswa tunagrahita, terhambatnya perkembangan bahasa siswa, kurangnya perhatian dari orangtua, kurangnya media pembelajaran yang disediakan pihak Sekolah, dan minimnya perhatian pemerintah terhadap perkembangan pendidikan siswa tunagrahita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Kreativitas guru; Pendidikan agama Islam; Ranah psikomotorik dan tunagrahita
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:47
Last Modified: 03 Oct 2023 01:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9373

Actions (login required)

View Item View Item